10 Kesalahan Terburuk Yang Umumnya Dilakukan Oleh Para Investor Pemula

falseIde menghasilkan uang yang bisa bekerja untuk anda adalah melalui investasi yang menarik. Hal ini juga menjadi salah satu cara jitu untuk memupuk kekayaan. Namun jika anda seorang investor pemula, saya peringatkan bahwa investasi bukanlah makan siang gratis. Anda bisa kehilangan semua uang yang telah anda investasikan, membuat anda lebih buruk daripada sebelum anda memulainya. Untuk mencegah hal tersebut, dibawah ini adalah 10 kesalahan buruk yang harus dihindari:

  1. Bingung saat bertaruh atau berspekulasi saat anda membuat spekulasi

Jika anda bertindak atas saran panas atau membabi buta saat memilih saham, anda bukan berinvestasi. Investasi berarti membuat keputusan yang anda merasa nyaman saat melakoninya dan telah siap untuk mengerjakannya di sepanjang waktu.

  1. Tidak meneliti investasi yang anda sukai

Penelitian membantu anda untuk memahami instrument atau produk dan anda harus mengetahui apa yang akan anda hadapi nantinya. Misalnya jika anda berinvestasi didalam saham, anda harus meneliti perusahaan dan rencana bisnisnya.

  1. Dan juga, berani berinvestasi tanpa adanya horizon waktu didalam pikiran

Jika anda berencana untuk mengumpulkan uang guna membeli rumah, ini bisa masuk ke dalam jangka waktu menengah. Namun, jika anda berinvestasi untuk membiayai pendidikan anak dalam perguruan tinggi maka itu menjadi investasi jangka panjang. Anda harus mencari investasi yang sesuai dengan horizon waktu anda.

  1. Tidak mengingat bahwa tingkat pengembalian yang anda harapkan datang dengan resiko

Jika investasi tersebut menawarkan tingkat pengembalian yang sangat menarik, anda juga harus melihat profil resiko dan melihat seberapa banyak uang yang bisa anda rugi jikalau ada kesalahan yang anda buat. Dan jangan berinvestasi lebih dari kemampuan yang anda punyai sekarang.

  1. Kehilangan pandangan akan tolerasi atas resiko anda, atau kemampuan anda untuk mengambil resiko

Jika anda adalah tipikal investor yang tidak dapat perut volatilitas dan beberapa pasang surut terkait dengan pasar saham, mungkin anda lebih baik berinvestasi di saham blue-chip dari sebuah perusahaan yang didirikan bukan didalam saham yang mudah menguap dari perusahaan yang aktif.

  1. Dengan yakin menaruh semua telur anda dalam satu keranjang

Diversifikasi adalah cara untuk menghindari paparan berlebih ke salah satu investasi. Miliki portofolio yang terdiri dari beberapa investasi yang dapat melindungi anda jika salah satu dari mereka bakal kehilangan uang. Hal ini juga membantu anda melindungi volatilitas dan pergerakan harga yang ekstrim dalam satu investasi.

  1. Hanya karena anda dapat membeli sesuatu dengan biaya rendah, itu tidak berarti membuat investasi yang baik – dan anda tidak sadari itu

Investasi adalah tentang menemukan nilai. Sebuah saham dengan harga tinggi masih bisa menawarkan nilai dari segi prospek untuk pengembalian. Sebuah saham yang mempunyai nilai murah bisa terlihat memikat didasarkan harga yang ditawarkan, tetapi bisa jadi berubah menjadi investasi yang mengerikan.

  1. Tidak mengingat konsekuensi pajak sebelum anda berinvestasi

Anda akan mendapatkan keringanan pajak pada beberapa investasi seperti obligasi daerah. Sebelum anda memulai investasi, lihat apa saja tingkat pengembalian setelah disesuaikan dengan pajak, dan pertimbangkan dengan investasi, pajak dan waktu horizon investasi anda,

  1. Dengan yakin anda membayar lebih dari yang anda butuhkan didalam biaya perdagangan dan makelar

Dengan berpegang pada investasi anda dan tidak diperdagangkan dengan sering maka anda akan menyimpan uang pada biaya makelar. Juga di toko sekitar dan menemukan makelar yang tidak membebankan biaya berlebihan sehingga anda dapat menyimpan tingkat pengembalian yang lebih dimana anda hasilkan dari investasi anda.

  1. Bertindak pada pemikiran di dalam pasar efisien dan anda tidak dapat menghasilkan uang dengan mengidentifikasi investasi yang terbaik

Meskipun ini bukanlah suatu tugas yang mudah, dan setiap investor lainnya memiliki akses ke informasi yang sama seperti yang anda lakukan, sehingga mereka menjadi mungkin untuk mengidentifikasi investasi yang baik dengan melalukan sejumlah penelitian.

  • Kesimpulan Akhir

Jika anda tidak mengetahui cara cepat kaya dan memiliki uang yang cukup untuk berinvestasi maka anda harus bisa mewaspadai kesalahan yang umumnya dilakukan oleh para pemula ini. Faktanya, anda benar-benar bisa membangun investasi yang sehat. Mendapatkan laba atas investasi tersebut bisa membawa anda lebih dekat selangkah ke tujuan finansial anda. Maka daripada itu, anda harus jeli dan tetap bersikap profesional saat berinvestasi didalam saham.